Saturday, January 10, 2009

Adsense Tips – Maksimalkan Penggunaan Channel

Bagi anda yang sudah malang melintang di dunia Google adsense mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah Channel atau saluran pada google adsense, namun tentunya tidak semua yang bermain di bisnis ini, terutama bagi pemain baru mengetahui akan yang namanya channel. Fungsi utama dari sebuah channel atau saluran adalah untuk tracking atau penelusuran terhadap suatu iklan yang di pasang, fungsi lainnya dari penggunakan channel adalah untuk bahan evaluasi buat kita seberapa efektifkah iklan yang kita pasang pada situs kita. Masih bingung? Ok sedikit saya perjelas. Lanjutin deh bacanya!


Sedikit kang Rohman beri ilustrasi :

adsense

Dari ilustrasi di atas terlihat ada dua buah iklan adsense yang kang Rohman pasang dalam salah satu situs kang Rohman. Jika kang Rohman memasang kode adsense tanpa di beri channel atau saluran, maka setiap klik pada iklan tersebut tidak akan di ketahui berapa klik hasil dari iklan yang di sebelah kanan atas atau berapa klik dari iklan kiri bawah, kita hanya mengetahui jumlah keseluruhan klik dari kedua iklan tersebut.

Berbeda halnya dengan yang memakai channel atau saluran, misalkan iklan yang sebelah kanan atas kang Rohman beri nama : header T4u dan yang sebelah kiri di beri nama : sidebar T4u, maka jumlah klik masih-masing iklan tersebut akan di tampilkan secara berbeda, sehingga jelas sekali iklan mana yang banyak di klik oleh pengunjung dan iklan mana yang jarang di klik oleh pengunjung. Ini tentu saja dapat di jadikan evaluasi bagi kang Rohman yaitu iklan yang jarang di klik harus di ubah, sebut saja warna linknya yang kurang cocok atau mungkin penempatan iklan harus di pindahkan ke bagian yang lain.

Contoh di atas hanyalah untuk satu blog saja, terlebih lagi apabila anda mempunyai banyak blog yang di pasang iklan adsense, pemasangan channel terhadap setiap kode iklan sangatlah di perlukan untuk mengukur ke efektifan iklan-iklan tersebut, berikut contoh laporan iklan adsense yang memakai channel :

adsensecontent

Terlihat jelas bukan iklan mana saja yang efektif menghasilkan banyak klik dan mana yang kurang efektif,

Jika anda sudah mengerti manfaat dari pembuatan channel pada setiap iklan adsense , maka langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat channel itu sendiri. Untuk membuat channel ada beberapa alternatif, namun agar tidak terlalu panjang artikelnya akan di bahas satu cara saja.

Cara yang gampang adalah pada saat membuat sebuah iklan, anda langsung membuat sebuah channel, berikut langkah-langkah dalam membuat sebuah channel :


  1. Silahkan login ke google adsense dengan ID anda



  2. Klik tab Konfigurasi AdSense

    konfigurasipng


  3. Klik AdSense untuk Konten

    adsenseuntukkonten


  4. Beri tanda pada tombol radio untuk Unit Iklan atau Unit link ( tergantung iklan apa yang mau di buat ), kemudian klik tombol Lanjut >>

  5. Silahkan pilih ukuran, warna link serta gaya sudut iklan adsense sesuai dengan keinginan anda. Kemudian klik tombol Lanjut >>

  6. Nah disinilah waktunya membuat channel. Klik tulisan Tambahkan channel baru, akan muncul pop-up, isi dengan nama channel yang di inginkan, kemudian klik tombol OK. Contoh : header atas T4U.

    channel




  7. Setelah proses selesai, klik tombol Lanjut >>




  8. Beri nama iklan adsense anda. Contoh : header atas T4U. Kemudian klik tombol Kirim dan Dapatkan Kode.




  9. Copy kode yang di berikan, lalu pasang pada blog anda.




  10. Selesai.



Agar semua iklan bisa di lacak ke efektipannya, kang Rohman menyarankan untuk membuat channel pada setiap iklan yang di pasang.

Selamat mencoba dan semoga anda sukses pada bisnis Google adsense ini.