Wednesday, February 18, 2009

Membuat Blog Bersifat Pribadi Di Blogger

Locker Kang Rohman menerima email yang pertanyaannya kira-kira seperti ini :

Sehubungan dengan rencana penelitian yang menggunakan blog untuk pembelajaran peserta didik. Dimana penggunaan blog sebagai media pembelajaran siswa tetapi blog ini hanya untuk dibuka oleh siswa bukan untuk umum walaupun sudah terindeks di google (tetapi tidak bisa dibuka oleh org lain tanpa memiliki account)


Pertanyaannya.
Dimana (alamat situs) yang menyediakan free untuk mendapatkan account tersebut? yang selanjutnya account tersebut saya bagiakan ke peserta didik saya dan digunakan untuk masuk ke blog saya?

Mohon maaf sebelumnya, Kang Rohman tidak meminta izin kepada  penanya bahwa pertanyaannya akan di muat di blog ini. Namun menurut hemat kang  Rohman tidak melanggar etika karena tidak menyebutkan identitas penanya, dan maksud dari posting ini tiada lain agar orang lain yang memerlukan informasi ini dapat sama-sama mengetahui.

Kembali ke pertanyaan, apakah ada layanan di internet untuk membuat sebuah blog yang bersifat pribadi atau privat? jawabannya tentu saja ada atau boleh di katakan banyak, namun saya sebagai blogger mania tidak akan jauh-jauh menjawab dan mencari situs lain, di blogger.com kita bisa membuat sebuah blog yang bersifat pribadi yakni hanya bisa di lihat oleh anda sebagai pemilik blog atau hanya bisa di lihat oleh orang-orang yang anda undang sebagai pembaca blog anda.

Cara untuk membuat blog yang bersifat pribadi di blogger terbilang sangat mudah karena anda hanya melakukan pengaturan pada menu perizinan. Berikut cara lengkapnya :

  1. Login ke blogspot dengan ID anda.
  2. Klik Pengaturan.
  3. Klik tab Izin
  4. Perhatikan ke arah bawahh, beri tanda pada radio button di samping tulisan hanya orang-orang yang saya pilih. tulis alamat email orang-orang yang ingin anda undang sebagai pembaca blog anda.

    undang

  5. Klik tombol UNDANG.
  6. Selesai.

Sekarang isi blog anda hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang hanya di undang oleh anda