Thursday, February 5, 2009

Pindahkan Segera Account Feedburner Ke Account Google Anda

 feedburner.com Duhhh… karena sibuk ngurusin $$$ terus Winking sekarang kang Rohman jadi tidak up to date. Ada kabar yang sedikit tidak menyenangkan dari feedburner. Semenjak google mengakuisisi feedburner sejak tanggal 1 juni 2007, google memindahkan aplikasi feedburner ke  hardware, software serta data center google. Bulan ini tepatnya tanggal 28 februari 2009 google memutuskan untuk memindahkan feedburner ke google.

Jika anda tidak memindahkan account feedburner anda ke account google sampai batas waktu yang di tentukan yaitu tanggal 28 februari 2009, maka akan fatal akibatnya karena account feedburner anda tidak akan tersedia lagi. Jadi dengan kata lain, mau atau tidak mau anda harus memindahkan account feedburner ke akun google anda.

Cara memindahkan account feedburner ke account google cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan login ke feedburner dengan ID anda.
  2. Setelah masuk anda akan di suguhi pengumuman berupa tulisan “ Hey! We are moving Feedburner accounts to Google. Learn more or Move your account now " . Klik tulisan "Move your account now”.
  3. Pilih account google yang anda gunakan.
  4. Klik "Move feeds"
  5. Tunggu ketika proses pemindahan berlangsung atau anda bisa menutup browser ataupun melakukan browsing.
  6. Jika proses sudah selesai, akan muncul tulisan “Success! We have successfully moved your feeds from Feedburner account into your Google account
  7. Selesai.

Langkah di atas bisa di lakukan apabila ketika login langsung ada pengumuman berupa tulisan “ Hey! We are moving Feedburner accounts to Google. Learn more or Move your account now ", apabila pengumuman tersebut tidak muncul, anda bisa melakukan langkah berikut :

  1. Silahkan tuju alamat ini https://feedburner.google.com/migration/start.action?hl=en,
  2. Anda akan di bawa ke halaman login google.
  3. Silahkan login dengan akun google yang mau anda pakai.
  4. Kemudian anda akan melihat kotak login, silahkan login dengan Username serta password feedburner anda.

    move-feeds

  5. Klik tombol Next untuk melanjutkan, dan proses pemindahan akan berjalan.

    moving-process

  6. Jika proses telah selesai, anda akan melihat tulisan seperti gambar berikut ;

    success

  7. Selesai. Account feedburner anda sudah berpindah ke account google.

Jika anda sudah berhasil memindahkan account feedburner ke account google, maka account lama anda di feedburner tidak akan tersedia lagi.

Bagaimana jika ketika melakukan pemindahan terjadi error dan proses pemindahan  tidak bisa di lakukan?  Nah, ini dia. terus terang kang Rohman mempunyai dua account di feedburer, yang satu berhasil dengan lancar dan yang satu mengalami error dengan pesan berikut :

The following feed URIs are already in use

Setelah kang Rohman telusuri, error ini sudah di ketahui oleh hihak feedburner yang dapat di baca pada :

http://feedburnerstatus.blogspot.com/2009/01/error-feed-uris-are-already-in-use.html

berikut kutipan isi postingnya :

Error: When migrating, some users will receive an error saying "Feed URIs are already in use."

Causes: Various.

Resolution:  We will be posting our resolution for this as soon as possible.  For now, if you receive this error, please wait until we update this post with our resolution.

sayang, sampai saat ini pihak feedburner belum mengeluarkan solusi untuk error seperti di atas. Atau anda sudah tahu solusinya? kasih tahu yah ke kang Rohman Blushing. Untuk anda yang mengalami masalah ketika melakukan perpindahan account, sebaiknya anda baca posting-posting yang ada di blog feedburner tersebut, barangkali ada jawaban yang sudah tersedia di sana.

Lebih lanjut mengenai pemindahan account feedburner ke account google, anda bisa membaca tanya jawab pada alamat berikut :

https://www.google.com/support/feedburner/bin/answer.py?answer=126303

Apabla acoount feedburner anda sudah berpindah ke account google, maka alamat feed blog anda akan berubah jadi seperti ini : http://feeds2.feedburner.com. Dan anda harus mengupdate tombol-tombol serta email subcriptions yang ada di blog anda. Bagaimana dengan nasib widget Get Update Via email serta Widget Get Update Via email Di Bawah Posting yang di posting kemaren? Widget tersebut masih bisa di pakai, namun tentu saja harus mengubah alamat yang di tuju dengan yang baru. Lain kali mudah-mudahan kang Rohman bisa membahasnya.